Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » , , » PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin "Prioritaskan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan"

PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin "Prioritaskan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan"



Pcnukabsemarang.or.id : Fatayat Nahdlatul Ulama memiliki berbagai program pemberdayaan perempuan.  Hal tersebut sebagai amanah organisasi yang harus dilakukan, baik di tingkat pusat, wilayah, cabang, anak cabang, sampai ranting di tingkat desa. Penguatan ekonomi perempuan menjadi salah satu rumusan strategis program kerja Pengurus PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Masa Khidmat 2018-2022. Selain bidang pemberdayaan ekonomi perempuan,  program kerja di bidang pendidikan, dan kesehatan bagi perempuan menjadi prioritas program kerja kepengurusan PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, program kerja tersebut sebagai perwujudan dari “Arah Kebijakan Harakah Nahdliyyah : Bidang Ekonomi, Bidang Pendidikan, dan Bidang Kesehatan”.

Pernyataan tersebut disampaikan Sahabat Siti Khotijah, Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang usai acara pelantikan PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Masa Khidmat 2018-2022, yang di hadiri oleh para sesepuh NU, di antaranya Bapak KH. Nurkholis Thohir (Rais Syuriah PCNU Kabupaten Semarang), Bapak KH. Marsudi Syaifudin (Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Bringin), Bapak Ir. Abdul Kholiq (Sekretaris MWC NU Kecamatan Bringin), dan tokoh masyarakat lainnya, serta di hadiri pula oleh Pengurus PC Fatayat NU Kabupaten Semarang, Sahabat Umi Shobihah, S, Pd. (Sekretaris PC Fatayat NU Kabupaten Semarang), Sahabat Umi Nuamah, S, Pd. (Bidang Organisasi PC Fatayat NU Kabupaten  Semarang), pada hari Sabtu tanggal 20 Januari 2018, di Halaman Pondok Pesantren Darussalam Desa Lebak Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang.   

"Diharapkan kepada pengurus Fatayat NU ke depan ada ikhtiar kreatif, bagaimana caranya membuat organisasi ini agar lebih nyaman dan bermanfaat bagi kader dan anggotanya. Kemudian baru melakukan kegiatan yang lebih inovatif agar menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan Fatayat NU, bukan sebaliknya adanya hanya kegiatan ritinitas yang membosankan. Hal ini dapat dilaksanakan dengan cara menciptakan pemetaan potensi kader dan segmentasi bidang garapan, yaitu para ibu atau perempuan muda di sekeliling kita harus mampu melihat potensi diri kita, kemudian melihat pada permasalah apa yang dihadapinya, di situlah saatnya Fatayat NU harus hadir menjadi solusi dan mendampinginya," ujarnya.
.
“Dari populasi perempuan yang ada di Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang yang tidak berdaya dari sisi ekonomi juga lebih banyak perempuan, sehingga penguatan pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi prioritas utama program kita ke depan. Kita punya banyak embrio yang bisa di dorong menjadi kekuatan ekonomi di sektor riil, diantaranya ada jamaah-jamaah pengajian rutin yasinan, albarzanji, manakiban, dan jamaah rutinan lainnya, yang bisa di dorong menjadi koperasi, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dll., juga ada kegiatan usaha home industri perempuan, usaha warung jejaring rakyat, dll, yang bisa kita dorong untuk dapat bekerja sama dengan Konsorsium Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Semarang” ujar Siti Khotijah.
Selain penguatan bidang ekonomi, Siti Khotijah mengatakan penguatan bidang pendidikan juga menjadi prioritas program PAC Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang ke depan. Menurutnya, pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi.  Khusus untuk pendidikan anak usia dini perlu mendapatkan prioritas penanganan sebelum masuk jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. 

Sehingga program pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan sejenisnya, ke depan akan sangat penting dan dibutuhkan. “Kalau semuanya sibuk, ibu-ibunya bekerja dan akan menyita banyak waktu, maka alangkah baiknya ada penitipan anak tapi tetap di lingkungan Fatayat NU. Dengan begitu dasar-dasar akidah ahlussunnah wal jamaah bisa di tanamkan sejak usia dini, juga pengawasan bisa dipantau setiap saat. Sehingga program tersebut ke depannya akan sangat dibutuhkan,” paparnya. 

Siti Khotijah juga berpesan agar ibu-ibu muda Fatayat NU lebih peduli dalam memperhatikan serta mendidik anak supaya tidak terjerumus dalam kegiatan negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, dll. Apalagi  saat ini banyak sekali kasus anak di bawah umur terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang tersebut, salah satu program yang bisa menjadi alternatif bagi ajang kreatifitas anak adalah dengan program unggulan “Jambore Anak Shaleh”.

“Tantangan itu akan menjadi isu strategis yang nanti kedepan kita akan rumuskan dalam program kerja Fatayat NU,” lanjutnya.

Bidang lainnya yang perlu mendapat perhatian khusus kata Siti Khotijah, yaitu bidang kesehatan. “Dalam bidang kesehatan akan kita mitrakan dengan SKPD terkait, IDI (Ikatan Dokter Indonesia), dan mitra kerja yang lain, misalnya dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, kesehatan ibu dan anak, kemudian kesehatan reproduksi perempuan,” katanya.

Tentu untuk mencapai itu, Fatayat NU harus memiliki kader yang kuat dan berkulaitas, kita mengharapkan pengurus Fatayat NU Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang akan terus melakukan proses kaderisasi untuk melanjutkan amanah umat ini untuk memajukan lembaga dan mendidik masyarakat. Hal ini penting disampaikan, sebagai penunjang kreatifitas dan inovasi program-program Fatayat NU di Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang di masa mendatang. ( Abdul Kholiq )




Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati