Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » , , » Pra Launching Ansor Mart MWC Bringin

Pra Launching Ansor Mart MWC Bringin




Membangun dan Mengelola Bisnis Ritel : 
“Untung Terus, Pantang Rugi”

NU SERASI : Sabtu tanggal 30 Desember 2017, bertempat di Aula Pondok Pesantren Darussalam Lebak, Desa Lebak, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, di selenggarakan kegiatan “Pra Launching Ansor Mart Bringin” dengan tema besar Membangun dan Mengelola Bisnis Ritel : “Untung Terus, Pantang Rugi” dengan Keynote Speaker atau nara sumber utama Bapak Widi Nugraha (Pakar Bisnis Ritel yang Berpengalaman 20 Tahun Membangun dan Mengelola Industri Ritel Nasional), Sahabat Hafied Nur Siddiqi (Ketua Departemen Koperasi dan UKM, Bidang Ekonomi PP GP Ansor, Wakil Ketua Koperasi Wirausaha Nasional (Kowina), Dewan Pengawas Lembaga Wakaf Ansor (LWA) Pusat, Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta), Sahabat M. Khafidin dan Sahabat Darwanto (LE PW GP Ansor Jawa Tengah).

Kegiatan ini di prakarsai oleh Ir. Abdul Kholiq selaku Pembina Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Semarang, sekaligus juga Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Lebak, Desa Lebak, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, acara tersebut  dihadiri dari berbagai elemen lintas generasi dan lintas sektoral yang peduli terhadap kebangkitan ekonomi warga nahdliyin, diantaranya terdiri dari anggota pengurus PAC GP  Ansor dan Banser di Kecamatan Bringin, utusan Fatayat NU, utusan perwakilan dari simpul-simpul pergerakan yang ada di wilayah Kabupaten Semarang, Kotamadia Salatiga, Kabupaten Demak, Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Banyumas. 

Acara tersebut berjalan lancar dan penuh semangat, dengan di selingi joke-joke khas warga nahdliyin yang menambah segar suasana, acara di buka dengan doa dan tahlil sebagai bagian dari menjaga tradisi NU, di lanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Ansor dan Syubbanul Wathan, sebagai wujud nasionalisme kebangsaan pengawal NKRI, kemudian di teruskan ucapan selamat datang dari tuan rumah yang di sampaikan oleh sahabat Ir. Abdul Kholiq, di lanjutkan dengan pengantar kegiatan oleh PP Ansor Pusat yang di sampaikan sahabat Hafied Nur Siddiqi, di teruskan dengan pemaparan program oleh Bapak Widi Nugraha, acara bertambah gayeng ketika memasuki acara dialog interaktif. 



Dasar filosofis kegiatan ini adalah perlunya sebuah ikhitiar kreatif guna membangkitkan ekonomi warga nahdliyin, sebab sejarah NU dibangun di atas tiga fondasi dasar, yaitu keilmuan (tashwirul afkar), nasionalisme (nahdlatun wathan) dan ekonomi (nahdlatut tujjar). Bidang ekonomi jadi salah satu prioritas yang mendesak diberdayakan. Bidang keilmuan sudah dikembangkan lewat pondok pesantren, madrasah, dan perguruan tinggi. Nasionalisme lewat partisipasi aktif NU dalam memantapkan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Bidang ekonomi jadi sektor yang termarginalkan. Realitas inilah yang seyogianya jadi perhatian pengurus Ansor, agar mampu merumuskan pemikiran solutif dalam pemberdayaan ekonomi warga NU.

Secara kuantitas atau jumlah warga nahdliyin adalah mayoritas, tetapi dari sisi ekonomi masih belum mampu dan berdaya, bahkan banyak yang hanya menjadi korban dalam “tanda petik” atau malah menjadi pelengkap penderita bagi para pelaku ekonomi. Menyadari kondisi tersebut kiranya diperlukan sebuah ikhtiar kreatif guna melakukan proses pemberdayaan ekonomi yang berbasis pada sektor riil. Salah satu usaha tersebut adalah dengan mendorong berdirinya sebuah unit usaha ekonomi yang mampu menjadi penopang ekonomi secara pribadi maupun kelembagaan yang berbasis kerakyatan, yaitu bisnis ritel “Jaringan Ansor Mart”. Kegiatan “Pra Launching Ansor Mart” ini bertujuan untuk meletakkan dasar yang benar, mengambil sumber ilmu dengan sanad keilmuan yang benar sebagai marjiul asasi atau rujukan dasar yaitu Bapak Widi Nugraha, melakukan kajian yang mendalam dan survey pasar yang akurat, membuat kertas kerja investasi yang terukur sehingga tercapai suatu unit usaha yang mampu sustainable in profitabilty “untung terus, pantang rugi”. Sesuai jadwal pada kertas kerja investasi Insya Allah, pada bulan Februari 2018 akan dilakukan “Grand Opening”.

Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati