Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » » Warga NU Hukumnya Wajib Untuk Tidak Golput

Warga NU Hukumnya Wajib Untuk Tidak Golput



UNGARAN, PCNUKABSEMARANG.OR.ID – Suara warga Nahdliyin (NU) kembali diperebutkan dalam ajang pemilihan bupati dan wakil bupati Semarang dalam Pilkada Serentak 2015. Kedua calon, yakni Mundjirin-Ngesti Nugraha (Mukti) dan pasangan Nur Jatmiko-Mas'ud Ridwan (Jati Mas), sama-sama mengklaim didukung oleh ormas berlambang bola dunia.

"Kami menghimbau kepada seluruh Nahdliyin dan Nahdliyat untuk menyalurkan hak politiknya dengan baik dan benar, serta tidak golput," kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Semarang, Ahmad Hanik, Rabu (7/10/2015).

Ia mengungkapkan, warga Nahdliyin di Kabupaten Semarang yang telah mempunyai hak pilih diperkirakan mencapai 450 ribu dari total anggota mencapai 700 ribu orang. Padahal, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Semarang yang baru dirilis KPU setempat mencapai 740.768 pemilih. Artinya, suara warga NU yang mempunyai hak pilih hampir 50 persen atau separuh dari jumlah pemilih dalam Pilkada 2015 ini.

Dengan kepengurusan di seluruh kecamatan hingga tingkat ranting (desa) dan anak ranting (dusun), maka suara warga NU patut diperhitungkan.

"Keikutsertaan kader-kader NU di dalam konstelasi Pilkada harus mendapat dukungan dari warga NU. Tetapi secara kelembagaan NU tidak berpolitik sesuai Khittah 1926," kata Hanik.

Menurut Hanik, NU mendukung kadernya untuk berkompetisi secara demokratis dalam aktivitas politik apapun, termasuk Pilkada. Namun, setiap perbedaan selalu diterima dan harus dihargai. Sebagai bagian dari anak bangsa, imbuhnya, NU mengajak untuk selalu meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

"Kalau ada perbedaan pilihan politik, tidak ada masalah, karena ini adalah alam demokrasi," ujarnya.
Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati