Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » » Launching Program Wakaf Tunai Mobil Ambulance Gratis PCNU Kabupaten Semarang

Launching Program Wakaf Tunai Mobil Ambulance Gratis PCNU Kabupaten Semarang

Ungaran – Sabtu 8 Agustus 2015 PCNU Kabupaten Semarang melalui LKNU (Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama) resmi launcing Program Wakaf Tunai Mobil Ambulance. 
Program ini adalah program Pengadaan Mobil Ambulance Gratis untuk fakir miskin, para dhuafa dan kaum muslimin di wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Adapun fungsi dari mobil ambulance ini adalah guna membantu memberikan pelayanan kepada kaum muslimin, khususnya kaum dhuafa yang membutuhkan mobil Ambulance guna mengantar orang sakit ke rumah sakit atau mengantar jenazah dengan tanpa dipungut biaya alias gratis dan  sebagai kendaraan operasional untuk membantu masyarakat miskin guna melakukan pendampingan kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun. membantu masyarakat yang kurang mampu tidak bisa berobat gratis karena tidak memiliki kartu BPJS, Jamkesda atau Jamkesmas.
Adapun anggaran yang dibutuhkan guna pengadaan Program Wakaf Tunai Mobil Ambulance adalah sebagai berikut :
  • Untuk pembelian mobil New APV GL ARENA M/T (manual) Rp 170.400.000,00
  • Untuk biaya karoseri mobil ambulance sebesar Rp. 22.500.000,00
  • Untuk kas operasional dan pemeliharaa n Rp. 57.100.000,00
Total sejumlah Rp. 250.000.000,00


Maka dari itu PCNU Kabupaten Semarang melalui LKNU membuka kesempatan kepada para donatur khususnya, warga nahdliyin, umat muslim dan masyarakat umumnya, untuk turut serta dalam mewujudkan program tersebut dengan memberikan 
Donasi mulai Rp 100.000,- dan berlaku kelipatan, adapun untuk total Donasi yang telah diperoleh akan kami Update minimal tiga hari sekali melalui Fanpage Resmi PCNU Kabupaten Semarang www.facebook.com/pcnukabsemarang.or.id dan Website Resmi www.pcnukabsemarang.or.id, harapan kami dengan adanya partisipasi dari seluruh lapisan warga nahdliyin dan masyarakat maka Program Wakaf Tunai Mobil Ambulance Gratis tersebut segera terwujud. Mari kita sukseskan Program ini dan bergabunglah dalam Wakaf TunaiMobil Ambulance Gratis ini, jadikan Program ini sebagai ladang amal jariyah anda.

Donasi Wakaf Tunai Mobil Ambulance Gratis,bisa melalui PCNU Kabupaten Semarang dengan cara :
1. Datang ke kantor PCNU Kab Semarang di Jl. KH. Hasyim As’ari NO 2 Ungaran
2. Transver via rekening melalui Bank BRI  No.rek. 6092 - 0100 - 4018 - 537 an. Nurrochim.
3. Kami jemput ke rumah anda

Cp : 
  1. Telkomsel : 081225500234 (Ahmad Hanik) 
  2. Indosat : 085641463589 (Nurrochim)
  3. XL : 087700032775 (Mustofa Ali)

Atas partisipasinya segenap pengurus PCNU Kabupaten Semarang mengucapkan jazakumulloh khoir.

Berikut proposal penawaran biaya karoseri mobil Ambulance APV dari New Armada PT. Mekar Armada Jaya Magelang.



Pendahuluan
Kesehatan adalah sebuah kondisi fisik dan jiwa yang baik,tanpa ada gangguan apapun. Dengan sehat, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berolahraga dan beribadah. Semua orang berhakuntuk sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan baik kaya maupun miskin. Namun,ada pembatas dalam hal pelayanan kesehatan antara kaya dan miskin. Dimana yang kaya mendapatkan pelayanan high class karena dana besar yang ia miliki dan tidak dengan yang miskin. PCNU Kabupaten Semarang melalui LKNU sebagai LembagaKesehatan Nahdlatul Ulama yang memiliki kewajiban untuk memberikan manfaatkepada masyarakat dengan pelayanan, informasi, komunikasi, edukasi dan pemberdayaan ingin mengajak masyarakat Kabupaten Semarang untuk menumbuhkan kepedulian dan jiwa berderma terhadap masyarakat yang tidak mampu yang ada disekeliling kita. Terutama para saudara kita yang tidak mampu secara financial seperti kaum dhuafa.
Allah SWT. Berfirman dalam Al-Maidah ayat 2 :”… Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…”. Al-Baqoroh ayat 148 :“…Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan….”. dan Ibrahim ayat 3 :“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada merekasecara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang padahari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.” Allah memerintahkan kita untuk berbagi kepada kaum dhuafa, Ia ingin kita menjadi hamba yang peka, penuh dengankasih sayang agar tercipta kedamaian di muka bumi ini. Program PengadaanAmbulance Gratis ini kami rancang dan persembahkan untuk kaum dhuafa. Sebuahbukti nyata cinta kita pada dhuafa dengan membantu mereka dalam hal fasilitaspelayanan kesehatan gratis bagi dhuafa yang terkena musibah (sakit, bencana dan kematian). Untuk merealisasikan program pengadaan ambulance gratis ini, kami membutuhkan dana, sarana dan prasarana yang mendukung untuk membantu dhuafa KabupatenSemarang.


Pokok Masalah
Masalah kesehatan selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, karena kesehatan sangat mencakup segala aspek rutinitas dalam segala bidang. Itulah yang terkadang masih menjadi satu masalah bagi masyarakat terutama mengenai sarana dan prasarana meski pemerintah telah mencanangkanprogram JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) bagi masyarakat yang khususnya kurang mampu. Namun demikian segalanya memang berada dalam garis keterbatasan mengingat banyaknya hal yang harus diurus oleh pemerintah di luar bidang kesehatan. Sebagai contoh adalah masalah Emergency/Transportasi pasien Gawat darurat yang sampai saat ini terasa masih kurang seimbang dengan jumlah masyarakat dalam satu kuota tertentu. Di samping itu prosedur penggunaan transportasi ini pun terkadang tidak dapat maksimal untuk sepenuhnya dapat digunakan oleh masyarakat mengingat biaya yang dikeluarkan juga cukup tinggidan hal itu terasa berat dirasakan terutama bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Mahalnya biaya sewa ambulance yang mencapai kisaran harga Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,- tergantung jarak yang ditempuh, telah membuat kaum dhuafa merasa berat dengan dana sewa yang sama dengan penghasilan mereka per-bulannya. Hal ini merupakan pokok masalah yang saat ini masih banyak dihadapi oleh pasien terutama daerah di kabupaten Semarang yang sulit dijangkau. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ambulance penting bagi masyarakat dhuafa Kabupaten Semarangdan yang lainnya.

Deskripsi 
Program Ambulance Gratis PCNU Kab Semarang merupakan salah satu rangkaian pelayanan LKNU dalam bidang Layanan Kesehatan Gratisyang termasuk dalam NU Healthcare. Pengadaan ambulance gratis ini menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Kabupaten Semarang terutama dhuafa. Dimana jumlah data Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan semakin meningkat

Jumlah yang cukup signifikan besar dan hanya akan berimbang jika terfasilitasi dengan unit mobil ambulance yang memadai. Namun di Kab Semarang, kita masih kekurangan mobil ambulance, ditambah dengan biaya sewa ambulance mahal yang tidak terjangkau oleh kaum dhuafa. Setiap lapisan masyarakat di Indonesia memiliki hak sama yang telah diatur oleh Negara dalam pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk masyarakat diKabupaten Semarang. Oleh karenanya, kami membuat program pengadaan Ambulance Gratis PCNU Kabupaten Semarang ini yang bermanfaat serta dibutuhkan bagi masyarakat dhuafa Kabupaten Semarang untuk menuju Kabupaten Semarang sehat.

Tujuan Program
  1. Untuk memudahkan pertolongan bagi pasien yang gawat darurat agar segera mendapat pertolongan sebagaimana mestinya.
  2. Membantu masyarakat dhuafa Kabupaten Semarang yang terkena musibah (sakit, kecelakaandan bencana)
  3. Mempercepat evakuasi pasien dari kediamannya dengan prosedur mudah. Cepat dan siap 24 Jam.
  4. Layananantar jenazah gratis bagi dhuafa
  5. Layanan Kesehatan Gratis keliling dhuafa Kabupaten Semarang secara berkala di Kabupaten Semarang
  6. Membantu pihak Pemerintah/Rumah sakit swasta apabila sewaktu waktu diperlukan untuk membawa pasien rujukan dan sebagainya. Yang karena suatu hal ambulans milik pemerintah sedang tidak dapat digunakan sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menangani pasien.
  7. Sebagai kendaraan operasional untuk membantu masyarakat miskin guna melakukan pendampingan kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun. membantu masyarakat yang kurang mampu tidak bisa berobat gratis karena tidak memiliki kartu BPJS, Jamkesda atau Jamkesmas.

Target Tersedianya 1 mobil ambulance gratis pcnu kabupaten Semarang tipe New APV Suzuki Arena llengkap beserta fasilitasnya. 

Prinsip Program
  • Gratis bagi kaum dhuafa
  • Melayani sepenuh hati
  • Independen
  • Transparan Budget Dana yang dibutuhkan untuk pengadaan ambulance gratis PCNU Kabupaten Semarang lengkap dengan fasilitas deluxe yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 250.000.000,-(dua ratus limapuluh juta rupiah).

Rencana Pengelolaan
  1. Biaya akan ditekan semurah mungkin dengan menghitung pengeluaran untuk sopir, kas ambulance untuk pemeliharaan, dan BBM. Sifatnya fleksibel sesuai jarak tempuh.
  2. Biaya direncanakan subsidi silang. Masyarakat golongan mampu akan dikenakan tarif normal. Sedangkan masyarakat dhuafa tidak dikenakan biaya atau gratis
  3. Akan dialokasikan dana pemeliharaan dan dana subsidi untuk masyarakat miskin dari infak kesehatan LKNU
  4. Ambulance Gratis PCNU Kab Semarang ini akan siap selama 24 jam setiap harinya dengan pelayanan cepat. LKNU akan membuat kontrak kesepakatan dengan sopir yang ditunjuk agar bersedia melaksanakan kewajiban mengoperasikan Ambulance sesuai ketentuan.
  5. Akan dilakukan pemeliharaan/perbaikan rutin agar mobil ambulance tersebut dalam kondisi selalu siap pakai.

Penutup
Demikianlah proposal program ini kami susun sebagai upaya untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi dhuafa yang membutuhkan dan guna meringankan penderitaan masyarakat miskin sebagai bentuk kepedulian kita kepadasesama. Besar harapan kami agar proposal ini dapat segera di tindak lanjuti dan kita bisa bersama-sama bersinergi untuk sebuah kerja sosial yang bermanfaat menuju Kabupaten Semarang sehat.

Ungaran, 8 Agustus 2015
Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Semarang
Ketua LKNU 
Penanggung jawab Program
Ali Mustofa, Nurrochim
Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati