Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » » RMI - Pondok Pesantren Al Mas'udiyah Blater

RMI - Pondok Pesantren Al Mas'udiyah Blater

Ajarkan Ilmu Agama dan Life Skill
Pondok pesantren merupakan subsyistem tersendiri yang menjadikan kyai sebagai fi gur central. Seluruh warga pondok ( santri ) merupakan satu kesatuan system. Seluruh kegiatan dan aktifi tas pondok pesantren adalah merupakan pelaksanaan aturan-aturan yang mengikat seluruh warga pondok sehingga proses pembelajaran terjadi secara holistic dan komprehensif. 
Sebagaimana diketahui bersama bahwa pembelajaran pondok pesantren bukan hanya di kelas, tetapi antara sesama santri, bahkan kepada warga pondok pesantren secara keseluruhan. Bentuk lain yang tak kalah pentingnya yang merupakan kekuatan di pondok pesantren salaf adalah metodologi pembelajaran klasik seperti halakah, sorogan, bandongan, dan wetonan yang pada akhirnya terpusat kepada pembelajaran tuntas. Sesuai dengan perkembangan zaman, pondok pesantren salaf mulai berbenah diri sesuai dengan keadaan yang terjadi di sekelilingnya. Namun, pondok pesantren yang bermacam-macam ciri khas ini bertujuan untuk memberikan konstribusi terbaik bagi umat, bangsa, dan negara. Pada 1953, ada seorang bernama M Darjis dari Banyubiru yang menikah dengan gadis desa Blater yang kemudian menetap dan memyebarkan agama Islam di Desa Blater yang masyarakatnya masih berpaham kejawen. Kemudian M Darjis mempunyai seorang putri yang akhirnya dinikahkan dengan Ali Mas’ud dari Banyubiru yang masih familinya. Ali Mas’ud beserta istrinya menetap di Blater yang kemudian pada tahun 1963 mendirikan sebuah pondok pesantren yang bernama pondok pesantren Blater. Beliau mengajak seorang temannya yang bernama Muhtarom sekaligus menjadi santri pertama di pondok tersebut. Waktu itu belum ada gedung bangunan, pesantren masih berupa rumah kyai dan surau yang disebelahnya ada kamar berukuran kecil.

Karena jumlah santri yang semakin lama semakin bertambah, maka pada tahun 1969 resmi mendirikan bangunan pondok pesantren yang berupa papan dan bambu yang mempunyai 20 kamar dan pada saat pula dimulai program pengajian pesantren ala bandungan dan sorogan. Pada tahun ini pondok hanya diasuh dan dibina hanya dengan satu tenaga pengajar yaitu K. Ali Mas’ud sendiri. Karena bangunan tersebut tidak dapat bertahan lama maka, pada tahun 1978 bangunan tersebut diganti dengan bangunan tembok dengan 10 kamar yang menampung kurang lebih 300 santri. Dulu pondok pesantren Blater hanya menerima santri putra kemudian pada tahun 1982 sampai tahun 1988 santri putri dari berbagai daerah berdatangan yang baru pada tahun 1990 dapat dibangun pondok pesantren putri.



Pondok pesantren Blater memulai system pendidikan formal ala pesantren pada tahun 1989 dengan jejang Ibtidaiyyah dan Tsanawiyyah. Karena jumlah santri yang semakin bertambah maka pengasuh menambah lokasi pondok putra dan merehab pondok putri menjadi dua lantai. Kemudian pondok pesantren yang dahulu bernama pondok pesantren Blater diubah namanya pada tahun 1993 menjadi Pondok Pesantren Al Mas’udiyyah. Pondok pesantren menambah satu program pesantren yang dahulu Ibtidaiyyah diganti dengan Madrasah Tingkat Ula sedangkan untuk Tsanawiyyah diganti dengan Madrasah Tingkat Wustho dan ditambah satu jenjang lagi yaitu tingkat Aliyah ( Ulya ) yang diresmikan oleh pengurus beserta pengasuh pada tahun 2002 dan berjalan sampai sekarang. Kemudian pada tahun 2003 resmi dibadanhukumkan. Adapun persyaratan-persyaratan bagi calon santri yang ingin nyantri di pondok pesantren ini harus mendaftarkan diri dengan menyerahkan data santri seperti halnya seorang siswa mendaftarkan di sekolah-sekolah umum. Santri yang akan masuk di Tingkat Wustha ( Wustha )harus menyerahkan foto copy ijazah tanda kelulusan Tingkat Ula ( Ibtida ) yang sudah di legalisir dari sekolahannya masing-masing, sedangkan untuk masuk ditingkat Ulya harus menyerahkan ijazah tanda kelulusan di Tingkat Wustha( Tsanawi ). Meskipun demikian, pondok pesantren ini tidak berbeda dari pondok pesantren yang lainnya karena semua kegiatan sekolah tetap dijalankan seperti biasanya yaitu malam hari dimulai dari puku 20.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Sedangkan kegiatan di siang hari hanya untuk muthola’ah (Musayawarah) kitab-kitab kuning dan pelajaran yang lain. Kegiatan Pendidikan Pondok pesantren Assalafi - yyah Al Mas’udiyyah mempunyai program-program pendidikan yang sama dengan pendidikan di pondok pesantren lain, seperti halnya pengajian kitab-kitab, nahwu, shorof, tajwid, taukhid dan lain-lain yang kesemuanya ini masuk dalam pendidikan formal pesantren. Pondok pesantren juga mengelola pendidikan santri tahasus, yaitu santri yang sepenuhnya mendalami kitab kuning serta praktek ibadah. Di samping itu pondok pesantren Al Mas’udiyyah juga bekerja sama dengan Departemen Agama Tingkat Kabupaten dalam program Wajib Belajar 9 tahun ( Wajar Dikdas 9 Tahun ) sebagai bentuk kepedulian pondok pesantren untuk mensukseskan program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Selain itu Pondok pesantren Assalafi yyah Al Mas’udiyyah juga telah berhasil menyusun dan mengesahkan program-program dalam Pondok Pesantren yang dibina pada tahun ajaran 2006- 2007 M/1427-1428 H yang berupa Program Madrasah Diniyyah yang terbagi dari Kelas Ula, Wustho, dan Ulya. Disamping itu pondok pesantren Al Mas’udiyyah juga meningkatkan daya mutu santri dalam berbahasa, sehingga dibentuklah Program penggunaan tiga bahasa dalam percakapan sehari-hari. Sebagai pesanten yang telah melakukan inovasi, pondok pesantren juga menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat para santri. Keterampilan dan usaha yang dimiliki, di bidang pertanian dan peternakan. Pesantren juga bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kab Semarang untuk pembelajaran santri dalam bidang pembuatan tempe, tahu, dan limun. Keterampilan lain adalah tata busana. , pertukangan, perikanan, , perbengkelan, tata rias, kaligrafi , dan komputer. Ada juga pendidikan formal, SMA Wira Usaha dan SMP Al Masudiyah. (sumber: lentera26.com )
Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati