Website Resmi PCNU Kabupaten Semarang
Home » » LPNU - Deklarasi Hari Peduli Sampah "Jadikan Sampah Menjadi Berkah"

LPNU - Deklarasi Hari Peduli Sampah "Jadikan Sampah Menjadi Berkah"

Ungaran, pcnukabsemarang.or.id : LPNU Kabupaten Semarang menjadi pelopor Deklarasi Hari Peduli Sampah Kabupaten Semarang. Acara deklarasi yang dihadiri Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Bupati Kabupaten Semarang, beberapa Kepala Dinas dan Camat, MWC, Fatayat, Muslimat, Ansor dan ( Lembaga NU dan Banom NU ) se-kabupaten Semarang, Tokoh Masyarakat, Ibu-ibu PKK, Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat  yang diadakan di aula PT. Coca Cola Amatil Bawen sabtu 21 februari 2015.

Ketua panitia Drs. Muslih yang juga sebagai Ketua LPNU Kab Semarang dalam sambutannya mengatakan : kegiatan ini adalah rangkaian program kerja LPNU Kabupaten Semarang yang sebelumnya telah sukses mengadakan NU Expo 2015 di Congol Karangjati Kecamatan Bergas. LPNU Kabupaten Semarang akan selalu berusaha memfasilitasi pelatihan - pelatihan pengelolaan sampah seperti ini di seluruh kecamatan kabupaten Semarang  bekerjasama dengan instasi pemerintah, perusahaan-perusahaan yang peduli pengelolaan sampah di Kab Semarang. LPNU Kabupaten Semarang telah melakukan kemitraan dengan UKSW Salatiga akan memberikan seminar/pelatihan tentang "bank sampah" seperti yang akan dilaksanakan setelah acara deklarasi ini.
Sementara itu, sebagai tuan rumah kami merasa bangga telah dipilih sebagai tempat deklarasi dan seminar pada hari ini, kata Wahyu Pujiati selaku wakil dari Menejemen PT Coca Cola Amatil Bawen.

Sejak tragedi longsor sampah di Leuwigajah, Kota Cimahi, pada 2005 lalu, 21 Februari ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati tepat di tanggal terjadinya insiden tersebut. Tragedi yang menewaskan 157 jiwa dan menghilangkan dua kampung akibat terjangan sampah itu menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Gunungan sampah setinggi 60 meter dan panjang 200 meter itu menerjang Kampung Cilimus dan Kampung Pojok karena tak tahan terguyur derasnya hujan.

Hal seperti ini tidak boleh terjadi di Kabupaten Semarang ditegaskan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Semarang H. Ahmad Hanik, S.Ag, M.Pd. dalam sambutannya :
Di Al Qur'an surat Ar-Rum ayat 41- 42 sudah dijelaskan : “ Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”
NU sebagai organisasi terbesar di Indonesia mempunyai tanggung jawab besar bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat agar selalu peduli terhadap sampah. Masalah sampah adalah masalah kita bersama, kesadaran masyarakat untuk peduli sampah perlu terus disosialisasikan dan diberikan pelatihan-pelatihan agar pengolahan sampah bisa dimanfaatkan secara ekonomis bahkan mempunyai nilai tambah yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Di akhir sambutannya Ketua PCNU Kabupaten Semarang mengajak semua yang hadir untuk ikut serta mensukseskan program ini dan " Jadikan Sampah Menjadi Berkah " dimulai dari diri kita masing-masing. Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda : " Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain." (HR. Ahmad). Mari dimulai dari kita dengan penuh kesadaran dan peduli tentang pengelolahan sampah, InsyaAllah hidup kita akan berkah. Aamiin ...  tandas H. Ahmad Hanik.

Sebelum acara ditutup dan dilanjutkan dengan seminar/pelatihan tentang "bank sampah" dipandu pembicara dari UKSW Salatiga semua yang hadir ikut membacakan "Deklarasi Hari Peduli Sampah" yang isinya sebagai berikut :
Kami Berjanji :

  1. Mengubah perilaku dan peduli terhadap pengelolaan sampah
  2. Membuang sampah pada tempatnya serta memilah sampah dengan baik dan benar
  3. Berpartisipasi aktif dalam usaha-usaha pengelolaan sampah sehingga menjadi berkah

Silakan bagikan informasi dan artikel ini, semoga menjadi amal ibadah bagi Anda! Aamiin
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN
Mau Pasang Iklan silakan hubungi
email : pcnukabsemarang@gmail.com
atau WA : 0856 - 4146 - 3589

FANPAGE RESMI

BERITA POPULER

 
Template Design by Creating Website Published by Partner Sejati